Monday, April 10, 2017

Kecerdasan Buatan - Pertemuan 4

RUANG KEADAAN

LATAR BELAKANG
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Ruang Keadaan,Cara Untuk Merepresentasikan Ruang Keadaan dan akan membuat contoh kasus Ruang Keadaan.

ISI
Ruang keadaan adalah sebuah ruang berisi semua informasi yang diperlukan untuk memprediksi dampak dari suatu tindakan dan untuk menentukan apakah itu adalah ruang yang dituju. Sehingga secara umum, ada beberapa cara untuk merepresentasikan masalah yaitu :
  • Mendefinisikan suatu ruang keadaan.
  • Menetapkan satu atau lebih keadaan awal.
  • Menetapkan satu atau lebih tujuan.
  • Menetapkan kumpulan aturan.
Cara Untuk Merepresentasikan Ruang Keadaan
1. Graph Keadaan
Graph keadaan terdiri dari node-node yang dihubungkan dengan arc (busur) yang diberi panah untuk menunjukkan arah keadaan awal dan keadaan baru yang akan dicapai berikutnya.
2. Pohon Pelacakan
Pohon pelacakan digunakan untuk menggambarkan keadaan secara hirarkis, sehingga mencegah node yang berulang.

Contoh Kasus Ruang Keadaan
Contoh kasusnya adalah permasalahan petani, harimau, ayam, dan gabah. Petani ingin memindahkan dirinya sendiri, harimau, ayam, dan gabah menyebrangi sungai. Tapi perahunya hanya bisa membawa petani dan satu penumpang lainnya. Petani juga tidak bisa meninggalkan harimau dan ayam dalam satu tempat karena harimau akan memangsa ayam, dan petani juga tidak bisa meninggalkan ayam dengan gabah dalam satu tempat.
-Identifikasi ruang keadaan
Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan:
(Petani, Harimau, Ayam, Gabah) = (1,1,1,1)

-Keadaan awal
Daerah asal : (1,1,1,1)<br>
Daerah tujuan : (0,0,0,0)

-Tujuan
Daerah asal : (0,0,0,0)<br>
Daerah tujuan : (1,1,1,1)

-Aturan-aturan
-Solusi

Berikut contoh hasil program solusi pemasalahan petani menyebrang sungai dengan menggunakan bahasa python.

PENUTUP
Kesimpulan
Jadi, reasoning adalah cara mempresentasikan fakta yang disajikan secara formal, semantic network adalah representasi yang mengepresikan solusi permasalahan dengan menggunakan graph berarah dan frame adalah representasi atau penyajian berorientasi objek.
Saran
Diharapkan memahami materi dan tugas secara mendetail.

Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan


Link Github : Rizki-1144089

Plagiarisme:
Referensi:
  • Materi perkuliahan Kecerdasan Buatan Pertemuan 4
  • http://apranolo.tif.uad.ac.id/?p=28

0 comments:

Post a Comment