JENIS REPRESENTASI PENGETAHUAN
LATAR BELAKANG
Dalam
pengimplementasian kecerdasan buatan kita dapat menumkan istilah Representasi
Pengetahuan,tapi apakah anda tahu apa saja jenis-jenis Representasi
Pengetahuan.Untuk melanjutkan pemaparan tentang representasi pengetahuan, kali
ini kita akan membahas jenis-jenis representasi pengetahuan beserta contoh
program permainan logika petani yang akan penyebrang sungai dari tempat A ke
tempat B dengan menggunakan bahasa pemrograman python.
ISI
Representasi
pengetahuan adalah cara menyajikan pengetahuan agar pengetahuan yang manusia
ketahui bisa dimengerti juga oleh bahasa mesin (kodingan).
Representasi
pengetahuan dibagi kepada 3 jenis representasi.
1. Reasoning
Reasoning adalah
fakta yang disajikan secara formal.
Contoh:
- Kucing adalah binatang
- Semua binatang adalah makhluk hidup
Jika ada
pertanyaan Apakah kucing adalah makhluk hidup? Maka untuk merepresentasikan ke
dalam bahasa mesin yaitu jawabannya adalah:
Makhlukhidup(kucing).2. Semantic Network
Semantic network
adalah makna dalam sebuah fakta atau sisa yang menjadi batasan permasalahan.
Cirinya yaitu:
- Leksikal, terdiri dari node dan edges (titik dan garis)
- Struktural, terdiri dari Head dan Tail
- Semantik, sebagai batasan masalah.
Contoh:
Kasus : Pada
suatu hari, terdapat seekor ayam, harimau, gabah, dan seorang petani. Semuanya
akan menyebrangi sebuah sungai untuk mencapai tempat B menggunakan perahu
dengan syarat jangan biarkan gabah dimakan ayam dan jangan biarkan ayam dimakan
harimau dengan kata lain jangan tinggalkan mereka berduaan di suatu tempat baik
itu di tempat A ataupun B.
Solving:
Ada beberapa
cara untuk mencapai tempat B sesuai dengan syarat yang berlaku. Jika dihitung
secara permutasi, cara solving kasus tersebut ada 16 kemungkinan atau node.
3. Frame
Frame adalah
penyajian berorientasi objek.
Adapun
ciri-cirinya yaitu:
- Memiliki atribut
- Memiliki method
- Inherits
- Extend
Pada kesempatan
kali ini saya akan mengimplementasikan atau membuat representasi pengetahuan
dari kasus atau logika dari seekor ayam, harimau, gabah, dan seorang petani.
Semuanya akan menyebrangi sebuah sungai untuk mencapai tempat B menggunakan
perahu dengan syarat jangan biarkan gabah dimakan ayam dan jangan biarkan ayam
dimakan harimau dengan kata lain jangan tinggalkan mereka berduaan di suatu
tempat baik itu di tempat A ataupun B.
Source Code:
Output:
PENUTUP
Kesimpulan
Jadi
representasi pengetahuan terbagi kepada 3 jenis, antara lain reasoning,
semantic network dan frame.
Saran
Alangkah
baiknya mencoba praktek dengan kasus yang lain agar bisa lebih paham tentang
materi representasi pengetahuan melalui bahasa pemrograman python.
Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Link Github : Rizki-1144089
Plagiarisme:
Referensi:
- Materi Perkuliahan Kecerdasan Buatan Pertemuan 3
- http://www.kompasiana.com/honey95t/representasi-pengetahuan-verbal-dan-visual
0 comments:
Post a Comment