Sunday, March 12, 2017

Kecerdasan Buatan - Pertemuan 1

KECERDASAN BUATAN DAN IMPLEMENTASINYA

LATAR BELAKANG
Mungkin pada saat ini kita sering mendengar tentang kecerdasan buatan,namun apakah anda tau apa itu kecerdasan buatan,dan apa saja implementasi dari kecerdasan buatan itu sendiri? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Kecerdasan Buatan beserta contoh implementasinya.

ISI
Kecerdasan buatan adalah suatu bidang ilmu komputer untuk merekayasa suatu mesin agar lebih cepat(Ukuran Waktu) dan tepat(Tujuannya).Dalam arti lain disini kecerdasan buatan itu seperti kita memberikan kecerdasan kepada sebuah alat untuk melakukan hal tertentu sesuai dengan kecerdasan yang telah kita tanamkan pada alat tersebut.
contoh sederhana seperti kalkulator,disana telah ditanamkan kecerdasan untuk berhitung sehingga kita dapat menggunakan kalkulator untuk membantu kegiatan dalam proses hitung menghitung.

Implementasi Kecerdasan Buatan ini biasanya diterapkan pada bidang:
1.Visualisasi Komputer
Contoh: Mengenali sebuah pola pada suatu gambar
2.Pengenalan Suara
Contoh: Perintah computer dengan menggunakan suara user
3.Sistem Pakar
Contoh: Program computer dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukkan gejala-gejala yang dialami pasien
4.Permainan
Contoh: User dapat bermain dengan koputer,seolah-olah computer itu seperti user lain yang sedang bermain(Mode AI).

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah kecerdasan buatan tentang aritmatika dengan menggunakan Bahasa pemrograman Python.

Source Code:


 Hasil Output:

Pada program ini anda dapat melakukan proses aritmatika dengan inputan huruf (pada kali ini baru sampai 5) dan saya juga menghitung delta t,maksudnya adalah lama proses yang terjadi dalam menjalankan program tersebut.Pada program ini hasil delta t tidak tetap,karena program ini memiliki variabel inputan,secara otomatis lama proses yang dijalankan sesuai inputan yang dilakukan.Anda dapat mendownload programnya disini.

PENUTUP
Kesimpulan 
Kecerdasan buatan adalah suatu bidang ilmu komputer untuk merekayasa suatu mesin agar lebih cepat(Ukuran Waktu) dan tepat(Tujuannya).
Saran
Alangkah lebih baik mempelajari lebih mendalam jika memiliki ketertarikan dalam bidang ini.

Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan


Link Github : Rizki-1144089

Plagiarisme:
Referensi:
  • Materi Kuliah Kecerdasan Buatan Pertemuan1
  • http://bukupython.blogspot.co.id/2014/09/menggunakan-function-dalam-python.html
  • http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/

0 comments:

Post a Comment