Sunday, March 19, 2017

Kecerdasan Buatan - Pertemuan 2

REPRESENTASI PENGETAHUAN

LATAR BELAKANG
Dalam pengimplementasian kecerdasan buatan kita dapat menumkan istilah Representasi Pengetahuan,tapi apakah anda tahu apa itu Representasi Pengetahuan.Pada kali ini saya akan menjelaskan tengtang Representasi Pengetahuan di dalam kecerdasan buatan serta mengimplementasikannya dengan menggunakan Bahasa pemrograman python.

ISI
Representasi Pengetahuan terdiri dari dua kata yaitu Representasi dan Pengetahuan,Representasi kata dasarnya adalah presentasi yaitu menyampaikan sesuatu sedangkan Representasi adalah menyampaikan kembali sebuah pengetahuan.Pengetahuan adalah sebuah ilmu atau wawasan terhadap suatu atau banyak hal.
Jadi Representasi Pengetahuan pada Kecerdasan Buatan adalah Menyampaikan atau mengkodekan pengetahuan kepada sebuah mesin atau benda agar benda tersebut mengerti apa yang sedang di sampaikan kepadanya.
Contohnya seperti jika komputer kita berikan peta ,komputer tersebut tidak akan tahu cara membacanya namun manusia dapat membaca peta tersebut.Disini kita dapat membandingkan bahwa manusia memiliki/dapat berfikir berbeda dengan mesin yang tidak bisa berfikir,mesin hanya bias diberikan representasi agar dia dapat membaca peta tersebut ,cara mempresentasikannya adalah memprogram komputer tersebut agar dapat membaca peta yang sudah kita representasikan dengan Bahasa komputer itu sendiri.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengimplementasikan Representasi pengetahuan dengan menggunakan Bahasa pemrograman python,kali ini saya membuat aplikasi Roadmap untuk mencari jalur terpendek dari suatu daerah ke daerah lain.

Source Code:
Hasil Output:


Pada program ini anda dapat menginputkan daerah asal dan daerah tujuan sesuai dengan daerah-daerah yang sudah terdaftar.Anda dapat mendownload programnya disini.

PENUTUP
Kesimpulan
Representasi Pengetahuan pada Kecerdasan Buatan adalah Menyampaikan atau mengkodekan pengetahuan kepada sebuah mesin atau benda agar benda tersebut mengerti apa yang sedang di sampaikan kepadanya.
Saran
Lebih perbanyak mengimplementasi Representasi Pengetahuan agar dapat lebih memahami manfaat dan tujuannya.

Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan


Link Github : Rizki-1144089

Plagiarisme:
Referensi:
  • Materi Perkuliahan Kecerdasan Buatan Pertemuan 2
  • spukswkelasbkelompok3.blogspot.co.id/2009/02/pengetahuan-dibedakan-menjadi-3.html

0 comments:

Post a Comment