Wednesday, December 11, 2019

Pemanfaatan Hyperlink Dalam Pembuatan Data Guru dan Pegawai Dengan Menggunakan Microsoft Excel


Menggunakan Hyperlink dalam pembuatan data guru dan pegawai dengan menggunakan Microsoft Excel dapat mempermudah dalam mencari data guru dan pegawai, serta dapat dikreasikan dengan sedemikian mungkin agar tampilan menjadi lebih menarik dan mudah digunakan.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membuat data guru dan pegawai SMK Baiturrahman kandis. Pertama yang harus anda persiapkan tentunya adalah data yang nantinya akan digunakan. berikut langkah-langkahnya:
1. Buka program Microsoft Excel, lalu pilih blank workbook. Maka akan tampil seperti dibawah ini:
2. Lalu masukkan nomor dan nama pegawai, seperti contoh dibawah ini:
3. Kemudian buat sheet baru dan beri nama sheet sesuai dengan nama pegawai no.1. Lalu isi sheet tersebut dengan biodata dari pegawai no.1, seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, foto dan lain-lain. Seperti contoh dibawah ini:
4. Langkah selanjutnya, kembali ke sheet pertama yang berisikan nama-nama pegawai. Kemudian klik kanan pada salah satu nama pegawai, lalu pilih hyperlink. Seperti gambar dibawah ini:
5. Pada menu hyperlink, pilih menu Place in This Document, lalu pilih target sheet yang dituju, dan klik Ok. Seperti gambar dibawah ini:
6. Setelah klik Ok maka kita akan kembali ke sheet pertama yang berisikan daftar nama pegawai. Sekarang anda sudah bisa meng-klik nama pegawai dan akan langsung menuju sheet biodata dari nama pegawai tersebut.
Lakukan langkah-langkah tersebut untuk nama pegawai lainnya. Anda juga bisa menambah informasi penting lainnya dan mengubah tampilan agar data menjadi lebih menarik. Seperti yang sudah saya lakukan berikut ini:
Halaman Beranda
Halaman Data Guru dan Pegawai
Halaman Profil Sekolah
Halaman Biodata Pegawai
Berikut saya cantumkan file data guru dan pegawai yang sudah saya buat, dapat didownload disini. Semoga postingan tentang pemanfaatan hyperlink dalam pembuatan data guru dan pegawai dengan menggunakan microsoft excel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih





0 comments:

Post a Comment