Sunday, March 19, 2017

Kecerdasan Buatan - Pertemuan 2

REPRESENTASI PENGETAHUAN

LATAR BELAKANG
Dalam pengimplementasian kecerdasan buatan kita dapat menumkan istilah Representasi Pengetahuan,tapi apakah anda tahu apa itu Representasi Pengetahuan.Pada kali ini saya akan menjelaskan tengtang Representasi Pengetahuan di dalam kecerdasan buatan serta mengimplementasikannya dengan menggunakan Bahasa pemrograman python.

ISI
Representasi Pengetahuan terdiri dari dua kata yaitu Representasi dan Pengetahuan,Representasi kata dasarnya adalah presentasi yaitu menyampaikan sesuatu sedangkan Representasi adalah menyampaikan kembali sebuah pengetahuan.Pengetahuan adalah sebuah ilmu atau wawasan terhadap suatu atau banyak hal.
Jadi Representasi Pengetahuan pada Kecerdasan Buatan adalah Menyampaikan atau mengkodekan pengetahuan kepada sebuah mesin atau benda agar benda tersebut mengerti apa yang sedang di sampaikan kepadanya.
Contohnya seperti jika komputer kita berikan peta ,komputer tersebut tidak akan tahu cara membacanya namun manusia dapat membaca peta tersebut.Disini kita dapat membandingkan bahwa manusia memiliki/dapat berfikir berbeda dengan mesin yang tidak bisa berfikir,mesin hanya bias diberikan representasi agar dia dapat membaca peta tersebut ,cara mempresentasikannya adalah memprogram komputer tersebut agar dapat membaca peta yang sudah kita representasikan dengan Bahasa komputer itu sendiri.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengimplementasikan Representasi pengetahuan dengan menggunakan Bahasa pemrograman python,kali ini saya membuat aplikasi Roadmap untuk mencari jalur terpendek dari suatu daerah ke daerah lain.

Source Code:
Hasil Output:


Pada program ini anda dapat menginputkan daerah asal dan daerah tujuan sesuai dengan daerah-daerah yang sudah terdaftar.Anda dapat mendownload programnya disini.

PENUTUP
Kesimpulan
Representasi Pengetahuan pada Kecerdasan Buatan adalah Menyampaikan atau mengkodekan pengetahuan kepada sebuah mesin atau benda agar benda tersebut mengerti apa yang sedang di sampaikan kepadanya.
Saran
Lebih perbanyak mengimplementasi Representasi Pengetahuan agar dapat lebih memahami manfaat dan tujuannya.

Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan


Link Github : Rizki-1144089

Plagiarisme:
Referensi:
  • Materi Perkuliahan Kecerdasan Buatan Pertemuan 2
  • spukswkelasbkelompok3.blogspot.co.id/2009/02/pengetahuan-dibedakan-menjadi-3.html

Sunday, March 12, 2017

Kecerdasan Buatan - Pertemuan 1

KECERDASAN BUATAN DAN IMPLEMENTASINYA

LATAR BELAKANG
Mungkin pada saat ini kita sering mendengar tentang kecerdasan buatan,namun apakah anda tau apa itu kecerdasan buatan,dan apa saja implementasi dari kecerdasan buatan itu sendiri? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Kecerdasan Buatan beserta contoh implementasinya.

ISI
Kecerdasan buatan adalah suatu bidang ilmu komputer untuk merekayasa suatu mesin agar lebih cepat(Ukuran Waktu) dan tepat(Tujuannya).Dalam arti lain disini kecerdasan buatan itu seperti kita memberikan kecerdasan kepada sebuah alat untuk melakukan hal tertentu sesuai dengan kecerdasan yang telah kita tanamkan pada alat tersebut.
contoh sederhana seperti kalkulator,disana telah ditanamkan kecerdasan untuk berhitung sehingga kita dapat menggunakan kalkulator untuk membantu kegiatan dalam proses hitung menghitung.

Implementasi Kecerdasan Buatan ini biasanya diterapkan pada bidang:
1.Visualisasi Komputer
Contoh: Mengenali sebuah pola pada suatu gambar
2.Pengenalan Suara
Contoh: Perintah computer dengan menggunakan suara user
3.Sistem Pakar
Contoh: Program computer dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukkan gejala-gejala yang dialami pasien
4.Permainan
Contoh: User dapat bermain dengan koputer,seolah-olah computer itu seperti user lain yang sedang bermain(Mode AI).

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah kecerdasan buatan tentang aritmatika dengan menggunakan Bahasa pemrograman Python.

Source Code:


 Hasil Output:

Pada program ini anda dapat melakukan proses aritmatika dengan inputan huruf (pada kali ini baru sampai 5) dan saya juga menghitung delta t,maksudnya adalah lama proses yang terjadi dalam menjalankan program tersebut.Pada program ini hasil delta t tidak tetap,karena program ini memiliki variabel inputan,secara otomatis lama proses yang dijalankan sesuai inputan yang dilakukan.Anda dapat mendownload programnya disini.

PENUTUP
Kesimpulan 
Kecerdasan buatan adalah suatu bidang ilmu komputer untuk merekayasa suatu mesin agar lebih cepat(Ukuran Waktu) dan tepat(Tujuannya).
Saran
Alangkah lebih baik mempelajari lebih mendalam jika memiliki ketertarikan dalam bidang ini.

Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan


Link Github : Rizki-1144089

Plagiarisme:
Referensi:
  • Materi Kuliah Kecerdasan Buatan Pertemuan1
  • http://bukupython.blogspot.co.id/2014/09/menggunakan-function-dalam-python.html
  • http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/

Sunday, January 29, 2017

Sistem Informasi Geografis - Pertemuan 7

PENDAHULUAN
Latar Belakang:
Penggunaan Google Maps saat ini sangatlah bermanfaat,baik itu untuk menemukan sebuah daerah,jalan,bangunan,tempat dan lain-lain.Namun apakah anda terbayang untuk dapat membuat “Google Maps” kita sendiri?


ISI:
Jalankan Map Proxy dan Map Server di ubuntu,caranya adalah:
1.Untuk meload data geospasial, kita perlu menyiapkannya dulu agar akan ditampilkan nantinya di Map Proxy. Kalian bisa mendownload data geospasial di situs ini,kemudian pilih "Producer" dan klik "Indonesia Mapproxy".
2.Jika sudah download ekstrak file tersebut (Penting!! Ketahui dimana anda mengekstrak file tersebut, karena path-nya akan digunakan untuk mengedit file yang ada di direktori yang telah di ekstrak tersebut.Disini saya simpan di direktori Downloads (Huruf kecil dan besar di perhatikan.)
3.Pada file indomap -> mapproxy, akan terdapat 3 file. Buka file agm.yaml
4.Pada file agm.yaml, edit beberapa baris ini sesuai dengan direktori tempat anda menyimpan file tersebut :
- pada baris
binary: /usr/libexec/mapserver
ubah menjadi
binary: /usr/lib/cgi-bin/mapserv
- pada baris
map: var/mapdata/mapfile/indo.map
ubah menjadi
map: /home/ali/Downloads/indomap/mapfile/indo.map
- Kemudian direktori baru dengan nama tmp pada direktori indomap
ubah baris
working_dir: /var/mapdata/tmp
menjadi
/home/ali/Downloads/indomap/tmp
Kemudian Save 
5.Kemudian pada direktori mapproxy(di terminal/cmd), gunakan perintah :
vi mapproxy.ini
edit baris
chdir = /var/mymapproxy/
menjadi
chdir = /home/ali/Downloads/indomap/mapproxy
Kemudian Save
6.Edit file config.py pada direktori mapproxy
ubah
application = make_wsgi_app(r'/var/mymapproxy/agm.yaml')
menjadi
application = make_wsgi_app(r'/home/ali/Downloads/indomap/mapproxy/agm.yaml') 
7.Untuk menjalankan programnya gunakan perintah
uwsgi mapproxy.ini
8.Untuk mengecek apakah mapproxy sudah terinsall atau belum, buka browser kemudian ketik localhost:8080
9.Klik demo atau ketik localhost:8080/demo
10.Pada bagian WMTS klik di bawah Image Format yaitu png
11.Tunggu beberapa saat karna datanya sedang di load.
12.Map Peta akan muncul

PENUTUP
Kesimpulan
Jadi pada pertemuan kali ini ,kita tau bagaimana cara menjalankan map server dan map proxy di ubuntu.
Saran
Alangkah baiknya dipelajari lebih dalam agar semakin paham cara kerja map server dan map proxy.

Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika


Link Github : Rizki-1144089/GIS

Plagiarisme:
  • Materi Kuliah Sistem Informasi Geografis D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Pertemuan 7

Sistem Informasi Geografis - Pertemuan 6

PENDAHULUAN
Latar Belakang:
  1.  Apa itu Map Proxy?
  2.  Apa itu Map Server?
  3.  Bagaimana cara install Map Proxy?
  4.  Bagaimana cara install Map Server?


ISI:

Map Server adalah sebuah lingkungan pengembangan open source untuk membangun aplikasi internet spasial diaktifkan. Hal ini dapat dijalankan sebagai program CGI atau melalui Mapscript yang mendukung beberapa bahasa pemrograman (menggunakan SWIG). MapServer dikembangkan oleh University of Minnesota - jadi, sering dan lebih khusus disebut sebagai "UMN MapServer", untuk membedakannya dari komersial "peta server". MapServer awalnya dikembangkan dengan dukungan dari NASA, yang membutuhkan cara untuk membuat citra satelit yang tersedia untuk umum.

Map Proxy (mapproxy.org) adalah open source ubin geospasial proxy yang mendukung proyeksi ulang. Awalnya dikembangkan oleh Omniscale Mapproxy adalah server proxy python untuk gambar geospasial. Hal ini dapat membaca data dari WMS, ubin, mapserver dan mapnik, dan cache dan melayani data bahwa sebagai WMS, WMTS, TMS dan KML. Hal ini juga dapat melakukan reprojections antara berbagai sistem koordinat referensi

Cara Installasi Map server & map proxy di Ubuntu:
  • Persiapkan terlebih dahulu sistem operasi ubuntu (bisa menggunakan versi linux yang lain, karena perintahnya kurang lebih sama).
  • Buka terminal kemudian masukkan perintah : sudo apt-get install cgi-mapserver
  • Untuk mengetahui struktur direktori Map Server, gunakan perintah : dpkg -L cgi-mapserver
  • Karena saya mengeksekusinya menggunakan python, install python juga dengan perintah : sudo apt-get install python-pip python-dev
  • Kemudian install uwsgi, dengan perintah : sudo pip install uwsgi
  • Kemudian install Map Proxy, dengan perintah : sudo pip install MapProxy 


PENUTUP
Kesimpulan:
Pada kali ini kita bisa mengetahui bagaimana cara menginstall map proxy dan map server di ubuntu.
Saran:
Sebaiknya lebih diperdalam untuk mempelajari tentang map server dan map proxy.


Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika


Link Github : Rizki-1144089/GIS

Plagiarisme:


Referensi:
  • Materi Kuliah Sistem Informasi Geografis D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Pertemuan 6

Friday, November 25, 2016

Sistem Informasi Geografis - Pertemuan 5

MEMBUAT DAN MENGEDIT DATA GEOSPASIAL

PENDAHULUAN
Latar Belakang

  • Cara Membuat Data Geospasial
  • Editing Data Geospasial

ISI
   A.  Cara Membuat Data Geospasial
Pembuatan data geospasial ini menggunakan libarary pyshp. Untuk membuat data geospasial diperlukan file namafile.shp beserta namafile.dbf.
Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
a.       Import shapefile
b.      Instansiasi writer method
Sf = shapefile.Writer(param)
Dimana param adalah pilih shapetype:
1.       shapeType = 1
2.       shapeType = 3
3.       shapeType = 5
c.       Sama seperti read, kita lakukan metode dbf dan shp.

-          Shapefile (shp)
Untuk menambahkan record tergantung dengan type ESRInya.
 1.  sf.point (x,y)
 3. sf.line = (parts: [[x,y],[z,w],...])
6.  sf.poly = (parts: [[x,y],[z,w],...])

-          Databasefile (dbf)
Tahapannya adalah sebagi berikut:
a.         Membuat atribut dahulu kemudian menambahkan record.
Contoh:
sf.field (‘Nama Filed’,’C’,’40’)
Dimana C adalah Character, dan 40 adalah length. Dalam arti nama atribut, nama field dengan panjang 40 karakter.
b.        Tambahkan record dibawah ini
sf.record(‘Bandung’)
sf.record(‘Bandung’,’Sarijadi’)
c.         Setelah selesai maka simpan, dengan perintah:
sf.save(‘namafile.shp’)

   B. EDITING DATA GEOSPASIAL
Adapun dalam editing data geospasial hampir sama dengan langkah-langkah membuat data geospasial, yang membedakan adalah:
sf = shapefile.Writer(param)
diganti dengan

sf = shapefile.Editor(param)

dimana param adalah nama letak file.

Adapun operasi dalam editing pada shp dan dbf sama saja.
shp
dbf
sf.poly()
sf.line()
sf.point()
sf.record()
sf.delete(n), dimana n adalah baris ke-n dari tabel

Dan jika sudah selesai, simpan dengan perintah:
Sf.save(‘namafile’)

PENUTUP
Kesimpulan
Jadi, untuk membuat dan mengedit data geospasial langkah-langkahnya hampir sama. Yang membedakan adalah method yang digunakan. Metgod yang digunakan untuk membuat data geospasial adalah WRITE sedangankan untuk mengedit adalah EDITOR.

Saran
Adapun sarannya yaitu untuk memahami lebih lanjut dan lebih rinci tentang cara membuat dan mengedit data geospasial, bisa kita praktekan secara langsung menggunakan bahasa pemrograman python. Hal tesebut harus dicoba guna untuk mengetes langkah-langkah di atas berhasil atau tidak.


Nama : Rizki Fadillah
NPM : 1144089
Kelas : 3A
Prodi : D4 Teknik Informatika


Link Github : Rizki-1144089/GIS

Plagiarisme:
Referensi:
  • Materi Kuliah Sistem Informasi Geografis D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Pertemuan 5